Menjaga gaya hidup sehat agar tidak mudah sakit itu penting, karena kesehatan adalah investasi besar dalam kehidupan seseorang. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang, seperti keturunan, kebersihan lingkungan dan perilaku hidup sehat. Simak terus ulasan lengkapnya berikut ini.

gaya hidup sehat
gaya hidup sehat

Menjaga Gaya Hidup Sehat di Zaman Modern

Faktor Kebersihan

Tubuh harus tetap bersih dari virus atau bakteri. Jika sistem kekebalan tubuh tidak baik, seseorang bisa jatuh sakit.

Faktor Udara

Pencemaran udara berasal dari asap pabrik, asap rokok, dan lainnya. Tubuh membutuhkan udara yang bersih, agar fungsi organ tetap optimal. Oleh karena itu, perhatikan sirkulasi udara dengan kadar oksigen yang berkualitas.

Hal ini bisa atasi dengan menghijaukan pekarangan kita dengan menanam pohon pada sekitar rumah agar udara dan lingkungan kita tetap segar.

Faktor Perilaku

Perilaku juga memegang peranan penting dalam menjaga gaya hidup sehat. Kebanyakan penyakit yang menyerang manusia karena perilakunya yang tidak bertanggung jawab terhadap tubuhnya sendiri.

Contoh penyakit yang mungkin timbul akibat perilaku tidak menjaga kesehatan adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol akibat terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak. Selain itu, diabetes juga karena terlalu banyak mengonsumsi makanan manis.

Faktor Keturunan

Beberapa penyakit mungkin secara langsung dari orang tua, seperti asma. Namun ada juga beberapa penyakit yang berisiko lebih tinggi tertular, namun tetap bisa anda cegah. Contohnya termasuk tekanan darah tinggi, diabetes, dan kanker.

Faktor Aktivitas dan Olahraga

Ketika aktivitas kita banyak anda lakukan dari dalam rumah, akan membuat tubuh kurang bergerak. Seperti aktivitas depan layar komputer seringkali membuat seseorang terlalu nyaman. Oleh karena itu, lakukan peregangan secara teratur atau bisa dengan berjalan kaki untuk jarak dekat.

Jika pola hidup kita baik, dengan berolahraga secara teratur, tubuh kita bisa akan sehat. Sayangnya, hanya sedikit dari kita yang mau melakukannya. Sebaiknya kita meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga. Tidak harus olahraga berat yang menguras banyak energi, cukup melakukan olahraga ringan yang bisa kita lakukan dalam rumah.

Faktor Air

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Tentu saja, tubuh kita membutuhkan asupan air yang bersih dan sehat untuk menjaga agar semua organ berfungsi dengan baik. Air yang kotor dan tercemar akan mengakibatkan penurunan kualitas kesehatan kita.

Faktor Makanan dan minuman

Apakah kita sadar terhadap kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari selama bertahun-tahun?. Jika kita tidak yakin, mungkin ada baiknya untuk makan dan minum makanan buatan sendiri, yakni makanan dan minuman dari bahan alami dan bebas dari bahan kimia seperti makanan organik untuk menjaga gaya hidup sehat.

Faktor Emosi

Emosi juga berkaitan dengan produksi hormon dalam tubuh. Saat ini banyak para ahli yang mengedepankan pentingnya kecerdasan emosional, karena cukup penting dalam menjaga kesehatan. Untuk menjaga emosi tetap stabil, anda bisa memperbanyak bergerak dan berekspresi dalam kehidupan sehari-hari.

Faktor Kelelahan

Sebagian hari yang kita lalui akan ada waktunya untuk tidur untuk rehat dari aktivitas dan mengistirahatkan organ tubuh kita setelah lelah bekerja. Saat tidur, metabolisme dalam tubuh akan bekerja, seperti peremajaan sel sampai pembuangan racun.

Jika kurang tidur, tubuh kita bisa jatuh sakit. Itulah beberapa tips menjalani gaya hidup sehat yang bisa anda lakukan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.