Banyak faktor yang menyebabkan kesehatan mental, seperti kepribadian seseorang, kemampuan beradaptasi dengan masalah, tantangan pekerjaan, masalah keluarga, dan lainnya. Jika pernah mengalami kekerasan fisik atau menjadi korban bullying juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa anda lakukan.

menjaga kesehatan mental
menjaga kesehatan mental

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental

Menikmati Alam

Bosan saat bekerja dalam ruangan bisa memicu masalah mental. Untuk mengatasinya, anda bisa pergi ke teras atau taman kecil. Cara ini dapat membuat pikiran anda lebih tenang dan dapat melihat hidup dengan lebih positif, sehingga stres yang anda alami bisa berkurang.

Istirahat

Ketika pikiran mulai terbebani, cobalah untuk mengistirahatkan fisik. Anda bisa melakukan latihan pernapasan sederhana. Tutup mata anda dan ambil napas dalam-dalam selama 10 kali, lalu tahan, dan buang napas dengan perlahan. Ulangi selama beberapa kali.

Mengisi Waktu Kosong

Fokus kepada diri sendiri untuk menemukan cara memanfaatkan waktu kosong yang anda miliki dengan baik dan produktif, adalah salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan mental anda.

Sering Tertawa

Saat tertawa, tubuh melepaskan endorfin yang membuat anda merasa nyaman dan bahagia. Anda bisa menonton video komedi atau mendengarkan podcast yang menghibur. Hal ini akan membuat anda tertawa dan membantu anda merasa lebih baik.

Komunikasi dengan Teman

Remaja suka bermain dan bergaul dengan teman-teman, dan memiliki kebahagiaan tersendiri. Bagi remaja yang jauh dari teman dapat menimbulkan perasaan sedih. Menghubungi teman secara online juga dapat mengurangi perasaan negatif karena jauh dari teman selama pandemi.

Inilah alasan mengapa anda perlu menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga. Selain menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat, anda juga bisa mencoba mengikuti berbagai kegiatan baru, sehingga anda berkesempatan bertemu orang baru.

Makanan Bergizi

Menjalankan pola makan dan gizi seimbang juga merupakan bagian dari cara menjaga kesehatan mental. Karbohidrat dapat meningkatkan hormon yang membangun suasana hati yang positif. Sayur dan buah juga dapat memberi manfaat untuk sel-sel tubuh, termasuk mengendalikan suasana hati agar lebih positif.

Rajin Beribadah

Ibadah juga dapat membantu membuang semua perasaan negatif seseorang. Karena ketika beribadah, akan muncul ketenangan dalam hati dan pikiran.

Menjaga Kebersihan

Tempat yang bersih akan membuat kita merasa aman dan nyaman, dan juga mengurangi rasa stres.

Buat Jadwal

Jika anda termasuk orang yang asiknya rebahan, main game atau sekedar nonton film streaming, bahkan lupa tentang jadwal kelas online. Membuat jadwal kegiatan, akan membantu kita fokus pada kegiatan dan mengurangi kecemasan. Kegiatan ini bisa berupa jadwal kelas online, jadwal melakukan hobi atau jadwal kegiatan dalam rumah, dan lainnya.

Menetapkan tujuan dapat membuat hidup anda lebih terarah. Hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Cobalah untuk menuliskan tujuan atau target anda, baik target harian maupun tujuan jangka panjang.

Namun, tulislah sesuai kemampuan dan waktu dan beban kerja yang anda miliki. Tidak perlu muluk-muluk untuk menerapkan target tertentu. Temukan saja sesuatu yang baru dan menarik untuk dilakukan secara teratur.

Pelajari Keterampilan Baru

Saat mempelajari pengetahuan baru, rasa percaya diri seseorang bisa meningkat. Selain itu, mempelajari keterampilan baru juga membuka peluang bagi seseorang untuk terhubung dengan orang lain. Itulah 10 cara menjaga kesehatan mental yang bisa anda terapkan, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.